Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Games Matematika : Catur Aljabar Cerdas

Berinfo - Setelah upload mengenai rahasia angka 9 dalam matematika. Kali ini bank soal memberikan games matematika yakni catur aljabar cerdas. Aljabar adalah suatu bentuk matematika yang dapat mempermudah masalah-masalah yang sulit dengan menggunakan huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui dalam perhitungan. Aljabar juga merupakan basis ekspresi matematis bagi banyak lebanyakan rumus-rumus ilmiah.Hal-hal yang tidak diketahui seperti banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan sebuah bus dalam tiap minggu, waktu yang diperlukan untuk menempuh suatu jarak tertentu, atau banyaknya makanan ternak yang dibutuhkan tiap minggu, dapat dicari dengan menggunakan aljabar.

Nah, salah satu games matematika kali ini yang bank soal matematika berikan adalah Catur Aljabar Cerdas. Dengan membayangkan bahwa papan catur sebagai susunan salib sumbu koordinat, anda dapat menggunakan koordinat-koordinat untuk menjelaskan letak dari setiap buah catur dan untuk mencatat permainan Anda. Sisi papan sebelah kiri adalah sumbu y dan sisi papan sebelah kanan adalah sumbu x. Buat catatan dari sumbu-sumbu tersebut, atau tandai mereka diatas kertas yang berada di bawah papan catur. Anda bisa menggunakan proses ini sebagai alat bantu dalam memecahkan persoalan yang berhubungan dengan aljabar.

Cara bermain Games Matematika Catur Aljabar Cerdas

Atur bidak dan papan catur seperti yang biasa kita lakukan. Gunakan hanya satu sumbu dengan buah putih berada di bagian bawah papan. Letak untuk sumbu x = 1 dan y = 1 adalah dibagian kiri bawah kotak.

Mainkan untuk beberapa langkah, kemudian tulis koordinat-koordinat baru untuk setiap buah catur, catat apakah buah tersebut berada di kotak hitam atau putih.

Nah, langkahnya sederhana bukan. Dan Anda hanya perlu ketelitian dan kecermatan dalam menulis dan mengingat asal dan akhir dari jalannya bidak catur. Sebagai contohnya, misalkan Anda bisa menggerakkna 4 buah bidak :

Pion yang sebelumnya berada di koordinat (1,2) telah digerakkan sejauh 2y ke koordinat (1,4).

Sementara pion yang berada di (5,3) digerakkan ke (5,5).

Kuda yang berasal dari (7,1) digerakkan dua kotak (+2y) dan ke kiri (-x) ke (6,3).

Gajah digerakkan +3x+3y (2,4) ke (5,7)

Nah, mungkin ini saja beberapa contoh kecil yang bisa dicoba dalam games catur aljabar ini. Jangan lupa untuk mencatat setiap melangkahkan bidak caturnya.

Anda Berani Cobalah Games ini !

Minta teman Anda untuk memikirkan sebuah bilangan, sebut saja x.

Hitunglah x + 5

Hitunglah (x + 5) dikali 2

Kurangkan 10 dari hasil tadi.

Bagilah hasi tersebut dengan 2. Apakah jawaban untuk2(p+5) – 10 di bagi 2 ?

Demikianlah bank soal matematika mengenati Games Matematika : Catur Aljabar Cerdas. Menarik bukan dan mungkin inilah salah satu aplikasi dari Aljabar. Semoga Artikel ini bermanfaat dan berguna untuk pengetahuan Anda. Terima kasih telah mengunjungi Artikel matematika disini. Salam matematika!

Games Matematika : Catur Aljabar Cerdas | Bank Soal Matematika

Kata Kunci Populer :

game bank soal

games matematika

games matematika kelas 5

games matematika kelas 7 smp

kumpulan soal olimpiade matematika aljabar

1 komentar untuk "Games Matematika : Catur Aljabar Cerdas"

  1. Matuls banyakin upload soal-soal aljabar matematika dalam permainan catur ini menarik dipelajari.

    BalasHapus